Pengertian Internet | Apa itu Internet dan Sejarah Internet

Pengertian Internet dan Sejarah Internet

Pengertian internet – Internet merupakan kependekan dari “Interconnection Network”, namun ada juga yang menyebutnya dengan istilah “International network” yang dapat diartikan sebagai konsep jaringan yang sangat luas, dan secara internasional.

Nah artinya, setiap komputer yang terdapat dimuka bumi ini memiliki hak yg sama untk saling terhubung antar jaringan tesebut. Komputer yang terhubung ke internet bisa saling bertukar data dengan cepat.

Kemudian seorang tokoh dan pakar dalam bidang teknologi informasi asal Indonesia yaitu Onno W. Purbo menjelaskan tentang pengertian internet adalah Internet pada dasarnya sebuah media yang dapat digunakan mengefesiensikan suatu proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, misalnya Web, VoIP, E-mail, dll.

Nah itulah pengertian internet yang sangat amat singkat, kemudian setelah memahami apa itu internet atau pengertian internet ada baiknya kita membahas juga mengenai sejarah internet itu sendiri, sebagai tambahan pemahaman untuk kita semua tentang internet. (baca juga : pengertian komputer)

Sejarah perkembangan internet sebenarnya tak lepas dari sejarah jaringan komputer, mengapa demikian, itu karna ketika jaringan internet dikembangkan maka jaringan komputer pun ikut dikembangkan secara luas. Nah mari kita bahas sejarah internet.

Sejarah Internet

Internet Hadir pada tahun 1969

Internet pertama kali muncul di AS yang di kembangkan oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun 1969, melalui projek ARPA Net. Proyek tersebut menggunakan perangkat hardware serta software berbasis unix, dengan tujuan komunikasi dapat dilakukan tanpa di batasi oleh ruang dan waktu melalui saluran telephone.

Dari proyek ARPA net inilah cikal bakal TCP/IP (transmission control protocol/internet protocol) yang di gunakan sampai saat ini. Perlu diketahui bahwa pada saat itu, internet hanya digunakan untuk keperluan militer saja, akan tetapi dengan berjalanya waktu internet kemudian diberkembang dalam bidang pendidikan dan sampai kalangan umum.

E-Mail menyusul pada tahun 1972

Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia buat 1 tahun yang lalu setelah ARPANET. program e-mail ini sangat mudah hingga begitu cepat menjadi popular.

Kemudian hari bersejarah berikutnya terjadi pada tanggal 26 maret 1976, Ketika Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dari Royal Signals dan Radar Establishment di Malvern. 1 tahun setelahnya, sudah ada 100 komputer yang telah bergabung di ARPA Net membentuk sebuah jaringan atau network.

Kemudian disusul dengan munculnya system nama domain, pada tahun 1984, mungkin yang kita kenal saat ini dengan nama DNS atau Domain Name Server. Dimana pada saat itu jumlah komputer yang terhubung dengan jaringan telah mencapai angka 1000. Dan di tahun 1987 jumlah komputer yangg terhubung ke jaringan meningkat sangat pesat mencapai 10kali lipat hingga mencapai angka 10.000 atau bahkan melebihi angka tersebut.

Internet Chat pada tahun 1988

Pada saat komputer yang terhubung ke dalam jaringan ARPA net telah melebihi 10000 user yaitu pada tahun 1988, Maka diperkenalkan lah istilah IRC atau Internet Relay Chat oleh orang Finlandia yang bernama Jarko Oikarinen. Internet Relay Chat memungkinkan semua pengguna komputer bisa melakukan komunikasi dan chatting dengan manfaat jaringan komputer tersebut.

www, browser dan virtual shopping

Pada tahun 1990, bisa kita katakan sebagai hari paling bersejarah dalam dunia internet, dimana saat itu pertama kali diperkenalkan browser dan www atau world wide web, merupakan hasil pengembangan dari Tim Bernes Lee.

Browser dan www mempermudah user dalam mengakses situs dan halaman yang sudah terdaftar dalam jaringan. Dilanjut tahun 1992, situs-situs internet telah banyak dikembangkan, sebagai contoh situs Yahoo dan juga situs-situs e-retail lainnya, yang merupakan cikal bakal dari e-commerce.

Nah demikianlah artikel mengenai Pengertian Internet dan sejarah internet yang berkembang pesat hingga saat ini. Semoga dapat bermanfaat dan memberikan wawasan serta khasanah pengetahuan.

2 Comments

  1. Pingback: Dampak Negatif Internet | Artikel Terkait

  2. Pingback: Tips Memilih Paket Internet Untuk Smartphone | Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *