Penyebab Penyakit AIDS

Penyebab Penyakit AIDS – Sebelum melangkah ke Penyebab Penyakit AIDS yang lebih lanjut, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu AIDS dan Apa nama virus penyebab penyakit aids tersebut. AIDS atau dikenal dengan nama ilmiah “Acquired Immune Deficiency Syndrome” adalah beberapa gejala serta infeksi (sindrom) yang timbul karena sistem kekebalan tubuh yang telah rusak, rusaknya sistem kekebalan tubuh ini disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

HIV itu sendiri adalah Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga menjadikan tubuhnya menjadi lemah dalam melawan infeksi virus/bakteri lainnya. Sistem imun yang melemah dapat menyebabkan tidak adanya perlawanan tubuh ketika terserang infeksi dari bakteri/virus lainnya, sehingga tingkat defisiensi sudah tidak mampu lagi menangkalnya.

AIDS adalah bentuk paling parah dari inveksi HIV, dimana virus ini menyerang organ-organ vital pada sistem kekebalan tubuh manusia, HIV menyerang sel TCD4+, virus ini mematikan sel T CD4+ sehingga jumlahnya menyusut, sel TCD4+ ini sangat dibutuhkan oleh tubuh agar sistem kekebalan tubuh kita dapat berfungsi secara optimal, jumlah sel TCD4+ yang menyusut akan dapat menghilangkan sistem kekebalan tubuh di tingkat sel, sehingga bagian-bagian tubuh kita akan kehilangan sistem imun dan sangat rentan terserang penyakit lain.

Penyebab Penyakit AIDS

Penyebab Penyakit AIDS

Secara umum penyebab penyakit AIDS hanya dibagi dalam 4 kategori umum, yaitu :
1. Penggunaan Jarum Suntik yang tidak Steril
Penggunaan jarum suntik yang tidak steril sangat mampu mendorong seseorang terkena penyakit AIDS, para pengguna Narkoba yang terkadang saling bertukar jarum suntik sangat rentan tertular penyakit ini, karena penularan HIV AIDS sangat besar presentasenya terjadi karena cairan pada tubuh penderita yang terkena HIV AIDS berpindah ke tubuh normal (sehat).

2. Seks Bebas serta seks yang kurang sehat dan aman
Berhubungan intim yang tidak sehat dan tidak menggunakan pengaman adalah peringkat pertama terbesar penyebab menularnya virus HIV AIDS, transmisi atau penularan HIV (Human Immunodeficiency Virus) dalam hubungan seksual peluang terjadinya sangat besar, karena pada saat terjadi kontak antara sekresi pada cairan vagina pada alat kelamin.

Hubungan seksual kurang aman dan tanpa dilengkapi pelindung (Kondom) akan lebih sangat berisiko dibandingkan hubungan seksual yang tanpa dilengkapi pelindung (Kondom) dan risiko hubungan seks anal lebih besar dibanding hubungan seks biasa dan oral seks, meskipun tidak berarti bahwa kedua jenis seks tersebut tidak beresiko.

3. Penyakit Menurun
Seseorang ibu yang terkena AIDS akan dapat menurunkan penyakitnya pada janin yang dikandungnya, transmisi atau penularan HIV melalui rahim pada masa parinatal terjadi pada saat minggu terakhir pada kehamilan dan pada saat kehamilan, tingkat penularan virus ini pada saat kehamilan dan persalinan yaitu sebesar 25%. Penyakit ini tergolong penyakit yang dapat dirutunkan oleh sang ibu terhadap anaknya, menyusui juga dapat meningkatkan resiku penulaan HIV AIDS sebesar 4%.

4. Tranfusi darah yang tidak steril
Cairan didalam tubuh penderita AIDS sangat rentan menular sehingga dibutuhkan pemeriksaan yang teliti dalam hal transfusi darah pemilihan dan penyeleksian donor merupakan tahap awal untuk mencegah penularan penyakit AIDS, Resiko penularan HIV AIDS di sangat kecil presentasenya di negara-negara maju, hal ini disebabkan karena dinegara maju keamanan dalam tranfusi darah lebih terjamin karena proses seleksi yang lebih ketat.

Demikianlah Artikel Terkait mengenai Penyebab Penyakit AIDS dan semoga Informasi di atas senantiasa sangat bermanfaat bagi kita semua, guna menjaga serta mencegah kita dari penyakit AIDS. Karena apabila sekali terkena, anda pasti akan menyesal selamanya. Sayangilah diri anda dan pasangan anda.