Sejarah Perkembangan Internet

Artikel Terkait

Sejarah Perkembangan Internet – Secara garis besar Pengertian Internet pada awalnya adalah sesuatu jenis proyek yang dibentuk dan diciptakan untuk mengatasi keperluan pribadi pada sesuatu negara. tetapi sekarang ini telah jadi halayak umum. seluruh orang telah bisa memakai internet dengan umum. nyaris seluruh orang juga telah bisa mengoperasikan internet. adapula saat ini internet yang telah bisa di nikmati dengan gratis yang disiapkan oleh umum.

Internet semakin meningkat dalam segi penggunaan dari tahun ke tahun sehingga dalam perubahannya, dunia internet memiliki perkembangan yang sangat cepat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam perkembangan dunia internet tentulah juga memiliki efek positif dan efek negatif pula, efek ini berkesinambungan dengan perkembangan internetnya.

Admin Artikel Terkait kali ini akan berbagi sedikit informasi tentang Sejarah Perkembangan Internet, selamat membaca.

Awal Mula Perkembangan Internet

Catatan sejarah tentang perkembangan internet pada asal mulanya adalah suatu jenis proyek Dalam dunia IT, diprakarsai berdirinya oleh ARPA dalam hal pengintegrasian komunikasi yang saling menghubungkan kepentingan ilmu pengetahuan (sains dan militer). Hal in dilatar belakangi oleh perang yang terjadi pada tahun 1957, bersamaan dengan pembuatan suatu sistem yang diberikan fitur layanan paket switching dimana paket switching ini berguna untuk mengurai/memecahkan kode paket data agar menjadi lebih kecil sehingga menggunakan sedikit kapasitas dalam hal pengiriman.

Sejarah Perkembangan Internet

ARPANET pada awal mulanya hanya bisa membuat 4 komputer terhubung, namun dengan berkembangnya ilmu telekomunikasi dan informasi sehingga terdapat banyak instansi seperti kampus yang tertarik untuk mengaplikasikan interkoneksi antar komputer ini maka pengembangan terus berjalan dan berkembang menjadi interkoneksi 10 komputer sekaligus, perkembangan ini terus mengalami penelitian sehingga menjadi yang kita kenal sekarang ini yaitu Website.

Perlunya di tambahkan identitas untuk komputer-komputer yang terhubung sehingga melahirkan yang namanya TCP/IP, TCP/IP inilah yang menjadi protokol standar yang disepakati oleh dunia untuk mengintegrasi komputer satu dengan yang lain, Setelah kemunculan TCP/IP muncul pula istilah DNS, DNS adalah sistem yang mengatur agar suatu IP diganti dengan sebuah nama agar mudah untuk di ingat. Perkembangan yang kian cepat dan pesat melahirkan istilah lain yaitu www (World Wide Web) yang diiringi dengan kemunculan situs-situs pelayanan seperti e-mail, online shop, information center dan lain-lain yang terkait dalam sebuat interkoneksi sosial media.

Banyaknya kebutuhan memaksa internet untuk terus berkembang, keperluan-keperluan manusia yang semakin meningkat dan keinginan untuk mendapatkan fasilitas yang mudah membuat Perkembangan internet terus berjalan, faktor kebutuhan adalah masalah utama yang menjadi faktor penentu berkembangnya internet, salah satu contohnya adalah penggunaan internet bagi seorang untuk mencari bahan dan informasi tentang tugas-tugas sekolah/kampus sehingga melahirkan istilah e-learning, e-learning sudah mulai diterapkan untuk mempermudah proses transfer ilmu dari seorang guru kepada muridnya, menjual sesuatu barang kepada dunia yang tidak tertutup hanya dalam lingkup wilayah pemasaran nyata nya saja, pelayanan jasa melalui internet seperti penyediaan jasa surat menyurat elektronik (e-mail), interaksi sosial media dalam media chating dan berbagai hal lainnya atau untuk beberapa pelaku bisnis mengenalkan product mereka melalui internet.

Categories: Internet

Tags: