8 Penyebab komputer Hang

Penyebab komputer hang dapat dari berbagai jenis problem baik itu hardware maupun software. Mungkin Anda sudah pernah mengalami hal ini ketika sedang bekerja dengan komputer, atau sekedar membuka dokumen dan membuka sebuah aplikasi misalnya game, dan lain-lain, tiba-tiba komputer hang, aplikasi atau games menjadi stuck tidak bisa diapa-apain lagi.

Di bawah ini beberapa Penyebab komputer Hang.

1. Kondisi Harddisk

Harddisk yang telah berumur dan sering berjalannya waktu sambil menunggu harddisk “tutup usia” sering kali menjadi penyebab komputer hang. harddisk ini mengalami kerusakan dengan beberapa pertanda awal mulai dari tidak terdeteksi saat booting awal, sehingga kita perlu mencabut kabel dan memasangnya kembali, kemudian baru terdeteksi.

Jika kondisi seperti di atas biasanya booting dan loading windows akan terasa lebih lama dan lambat tidak seperti biasanya, hal yang seperti ini lah yang menjadi salah satu penyebab komputer hang.

Tapi buka hanya harddisk lama, harddisk baru juga bisa jadi penyebab, jika terdapat bad sector. Harddisk yang bad sector inilah yang bisa jadi penyebab komputer hang. Terlebih jika bad sector berada pada awal partisi, karna disitulah file sistem anda disimpan. Windows dapat tiba-tiba tidak bekerja bila file sistem tidak dapat dibuka dikarenakan lokasi file terkena bad sector.

Masalah lain yang masih berhubungan dengan harddisk dan sering mengakibatkan hang yaitu fragmentasi pada data yang ada didalamnya, itu alasan mengapa butuh melakukan defrag terhadap harddisk.

2. Overheating Processor

Coba buka casing komputer atau laptop kemudian perhatikan kipas prosessornya, apakah tetap berjalan dengan normal? kipas yang tidak normal atau berputar sangat lambat bisa mengakibatkan sistem pendinginan tidak optimal dan bisa mengakibatkan overheating, kemukomputer jadi lambat apalagi hang. lebih-lebih bila kipas betul-betul tidak jalan.

3. Konflik pada Hardware

tiap-tiap hardware berkomunikasi dengan perangkat lain melewati irq ( interrupt request channel ) serta mesti unique ( tidak sama satu dengan yang lain ) untuk tiap-tiap perangkat. contoh, printer umumnya memakai irq 7, keyboard memakai irq 1, floppy memakai irq6. tiap-tiap perangkat memakai irq nya tiap-tiap dengan otomatis. jika komputer anda mempunyai banyak perangkat atau perangkat tidak terinstall dengan baik, maka yang berlangsung yaitu ada pembagian irq untuk kian lebih 1 perangkat. serta waktu anda terhubung ke-2 perangkat yang memakai irq yg sama tersebut maka dapat ada kemungkinan windows dapat crash.

4. Kondisi Memory (RAM) yang buruk

ram ( random access memory ) yang jelek atau kotor dapat mengakibatkan komputer berhenti bekerja tiba-tiba apalagi blue screen atau restart. menempatkan kian lebih satu memory terkadang jadi penyebab problem di masa datang, terlebih bila dua memory yang terpasang tidak betul-betul sama. berbedaan chip antar dua memory dengan bus yang tidak sama terkadang dapat mengakibatkan fatal error.

5. Setting Bios

tiap-tiap motherboard mempunyai settingan chipset cocok dengan pabrik buatan tiap-tiap. tiap-tiap anda memasuki bios anda mesti ingat untuk berhati2 saat menyetting konfigurasi dikarenakan jika konfigurasi anda salah maka dapat mengakibatkan ketidakstabilan pada pc serta crash.

6. FatalOE exceptions & VXD errors

ini umumnya dikarenakan oleh problem pada vga anda. vga meruapakan di antara hardware yang kerap sekali mengakibatkan problem pada pc anda. kerjakan instalasi drive yang benar pada vga. jika pc anda alami screen freeze / hang maka kemungkinan ada hardware conflict pada vga anda.

7. Virus

virus yang menyerang sistem dapat serta setelah itu menghapus bebarapa file mutlak dari sistem pasti mengakibatkan sistem tidak bekerja tentunya.

8. Konflik pada Software

crash di bagian ini umumnya di sebabkan oleh buruknya sistem instal serta uninstal dari sesuatu software. untuk masalah layaknya ini anda memerlukan software pembersih registry. banyak type software layaknya ini serta banyak juga yang gratis. dengan software ini maka registry tak perlu yang tetap tersisa dari sistem uninstal tidak prima dapat dihapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *